Langkah Awal Menaiki Motor Matic Saat Sewa Motor Bali

Daftar Isi

Langkah Awal Menaiki Motor Matic – Sepeda motor matic merupakan tipe motor yang menjadi raja jalanan di Indonesia hingga saat ini. Hampir 75 persen pengguna kendaraan roda dua di negara kita ini merupakan pengguna matic. Belum lagi ketika digunakan untuk berkendara saat liburan atau berada di tempat indah seperti pulau dewata. Banyak agen sewa motor bali yang menyediakan matic untuk para penyewanya. Di sisi lain, motor matic memang berbeda dengan motor bertransmisi seperti umumnya. Karenanya bagi para pengendara matic sangat penting mengetahui cara aman berkedara menggunakan matic di jalan raya agar lebih aman dan selamat dari hal yang tidak diinginkan.

Cara Naik Motor Matic Saat Sewa Motor Bali

Di balik predikat raja jalanan yang di sandang oleh motor tipe matic ini ternyata masih banyak orang menganggap sepele terkait cara mengendarainya. Karena sebenarnya mengendarai motor matic ini sangat berbeda dengan cara naik motor jenis kopling. Apalagi dengan motor bebek, sangan berbeda sama sekali. Selain itu banyak orang juga kurang tahu bagaimana cara mengedarai motor jenis matic saat berada di tanjakan atau turunan. Jika hal ini tidak diperhatikan tentu saja akan sangat membahayakan pengendara atau orang lain saat di jalanan. Karenanya berikut beberapa hal yang dapat Anda jadikan reverensi ketika mengendarai motor matic dari agen sewa motor bali.

1. Pastikan Pengendara dan Motor Sama-sama Dalam Keadaan Baik Saat Sewa Motor Bali

Pada saat Anda melakukan sewa motor bali terutama menyewa motor matic maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi pengendara sekaligus motornya. Baik penyewa atau pengendara motor yang akan di sewa harus dalam keadaan baik. Sehat dari sisi pengendara disini adalah tidak dalam kondisi mengantuk, mabuk, maupun sedang banyak beban pikiran. Sehingga ketika mengendarai bisa lebih fokus. Sedangkan baik dari sudut motor matic adalah performa motor yang prima, kondisi mesin, ban, rem, dan komponen lainnya dalam keadaan baik. Sehingga pengendara tidak khawatir saat melaju di jalan

BACA  Wisata Taman Indah di Bali yang wajib Anda Kunjungi

2. Menyalakan Motor Dengan Benar

Berbeda dengan motor bebek atau motor kopling, cara menyalakan motor matic pun jauh berbeda. Anda harus menekan starter elektrik bersamaan dengan menarik tuas rem belakang. Namun jika motor masih tidak mau menyala pastikan standar samping sudah terangkat. Pasalnya beberapa jenis motor matic yang disediakan oleh agen sewa motor bali tidak mau menyala ketika standar samping masih dalam keadaan turun.

3. Posisikan Duduk Anda Senyaman Mungkin Dan Selalu Rileks

Sebelum menarik handle gas, pastikan cara duduk Anda sudah dalam posisi yang nyaman. Hal ini akan mempengaruhi kualitas mengendara Anda. Kebanyakan orang ketika berkendara matic langsung tarik gas. Akibatnya motor langsung ngegas dan tidak dapat dikendalikan. Jadi, jangan jalan dulu sebelum Anda mendapatkan posisi nyaman di atas motor matic yang akan dikendarai.

4. Pastikan Memegang Handle Gas secara Total.

Ada beberapa anggapan tentang handle gas ini. Beberapa orang mengatakan bahwa untuk bisa memegang handle gas menggunakan sebagian jari dan jari lainnya berada di tuas rem. Dengan begitu reflek Anda akan lebih cepat. Sebenarnya pendapat seperti itu kurang begitu tepat. Posisi yang tepat adalah menggenggam total handle gas menggunakan seluruh jari Anda. Posisi seperti itu akan membantu Anda mengendalikan control motor pada sewa motor bali. Di sisi lain dengan memegang handle gas secara total juga berguna saat mengerem. Gas akan sedikit terlepas dan kecepatannya pun juga berkurang. Kondisi seperti ini akan memacu pikiran untuk tetap tenang saat menggunakan rem

5. Rasakan Tarikan Gas Yang Berbeda

Selalu di ingat bahwa tarikan gas antara motor matic dan beberapa jenis motor manual sangat berbeda. Tarikan gas pada motor matic reatif lebih berat. Hal ini terjadi karena memang mesinnya sengaja di rancang untuk bisa berjalan pada saat mencapai RPM tertentu. Mungkin di awal tarikannya memang terasa berat. Namun ini akan hilang saat sudah berjalan. Bahkan jika Anda ingin mengegas dengan kencang, kecepatannya tidak kalah dengan jenis motor lainnya.

BACA  Beberapa Jenis Motor Vespa Matic

6. Waktu Berada di Turunan dan Medan Menanjak

Mengendarai motor matic di trek menurun dan naik memang ada perbedaannya. Anda harus memastikan kecepatan di turunan harus sedikit melambat, yaitu dengan cara melepaskan gas dan lebih sering menggunakan rem. Pasalnya jika motor dibiarkan melaju terlalu cepat sangat membahayakan orang lain dan pengendara motor tentunya. Nah, jika di tanjakan, Anda harus menambah kecepatan sebelum jalan menjulang lebih tinggi.

7. Gunakan Rem Depan dan Belakang secara bersamaan.

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kualitas pengereman yang sesuai dengan harapan pengendara. Dengan begitu pengendara tetap aman dan mengurangi kekhawatiran pengendara tentang mengendalikan matic.Itulah beberapa kiat atau tips tentang bagaimana langkah awal naik motor matic. Dengan begitu Anda lebih nyaman saat sewa motor bali. Tertarik mencobanya, silahkan klik website kami di www.cheapscooterbali.com dan rasakan kualitas dan performa motor matic yang baik untuk menemani liburan Anda

Chat Yuk?
Call Now Button